Sunday, September 30, 2012

Wake me up when September ends


Judul di atas adalah judul lagu yang dipopulerkan group band punk-rock asal Amerika, Green Day di album American Idiot *see how critical they are to the social and political issues*, sepertinya lagu Green Day yang satu ini berkesan di hati banyak orang, namun saya yakin yang berkesan bukanlah keseluruhan lirik atau makna sesungguhnya lagu ini, melainkan satu baris lirik lagu ini saja “wake me up when september ends”, karena lagu ini sebenarnya diciptakan untuk mengenang kematian ayah dari si vokalis Billie Joe Armstrong  karena penyakit kanker ketika Billie berumur 10 tahun saat itu.

Bulan September ini banyak saya jumpai teman-teman di beberapa jejaring sosial yang mengupdate status / tweet berisi judul lagu tersebut “wake me up when septemeber ends”, saya salah satunya *hehe*. Saya mengutip satu baris lirik tersebut *bukan makna lagu secara keseluruhan* bukan tanpa maksud, ada makna penting di bulan September kali ini, tidak seperti September biasanya. September tahun ini September yang sangat saya nantikan selama beberapa tahun belakangan. September kali ini adalah saat ketika perjuangan saya selama beberapa tahun belakangan ini akhirnya terwujud, dalam hati saya berkata “alhamdulillah, i made it!”. Satu pencapaian baru sepanjang hidup saya.

Ah September kali ini rupanya bermakna ganda, saking saya semangatnya untuk menanti detik-detik perjuangan saya itu tadi terwujud, saya hampir saja melupakan bahwa September artinya musim hujan akan segera tiba. Dan lagi, “wake me up when September ends” cocok sekali dengan penantian saya akan musim hujan. Saya suka hujan, sangat suka *but still, not the heavy rain. :)*. Musim hujan tiba artinya peluang cuaca mendung meningkat, juga peluang cuaca mendung di pagi hari disertai angin sepoi-sepoi juga meningkat drastis, sesuatu yang sebenarnya saya nantikan sepanjang tahun meski musim kemarau sekalipun. Sepertinya saya belum menuliskan di blog ini salah satu hal yang sangat saya nikmati adalah berjalan di pagi yang mendung dan berangin, saya suka sekali menikmati apa yang alam suguhkan, yang sering dilewatkan oleh mata manusia lain.

Tunggu, September  tahun ini rupanya tidak hanya bermakna ganda, tapi bermakna banyak. Someone who wrote “you had me at hello” has his graduation this mounth. Dan September tahun lalu, someone he wrote that quote for, has her graduation too.

Ah September will surely ends. 




No comments:

Post a Comment